Home / Game PC / Ulasan Persona 4 Golden PC

Ulasan Persona 4 Golden PC

Sejak 2009

Awalnya dirilis untuk PlayStation 2 pada tahun 2009. Persona 4 melanjutkan langkah pendahulunya dalam membangun seri spin-off Shin Megami Tensei sebagai miliknya sendiri. Serial ini mendapatkan kekuatan baru setelah Persona 3 Portable menunjukkan daya tariknya pada perangkat genggam. Persona 4 Golden yang ditingkatkan datang sebagai salah satu judul tenda PlayStation Vita. Namun, Vita sendiri tidak terlalu populer, dan banyak yang belum mencicipi versi superiornya. Atlus sekarang telah membuka pemirsanya secara besar-besaran dengan merilis Golden di PC. Beberapa elemen telah tertanggal di tahun-tahun berikutnya. Namun itu tetap merupakan judul yang sangat bagus dan kesempatan bagi lebih banyak pemain untuk menikmatinya hanyalah hal yang baik.

Sinopsis

Persona 4 membawa pemain ke kota pedesaan Inaba. Protagonis di sini menghabiskan tahun tinggal bersama pamannya, detektif polisi Ryotaro Dojima, dan sepupu Nanako. Tak lama setelah dia mendaftar di Sekolah Menengah Yasogami, sepasang pembunuhan terjadi di kota yang sepi. Tampaknya ini terkait dengan Saluran Tengah Malam aneh yang muncul di TV selama malam hujan. Pemain telah diberi petunjuk tentang keberadaan sesuatu yang lebih dalam. Bagaimanapun, itu berkat pertemuan impian dengan seorang pria berhidung panjang dan asistennya. Mereka menawarkan protagonis beberapa petunjuk ke dalam misteri yang terungkap.

Misteri tersebut menuntun protagonis dan beberapa teman sekelasnya untuk menemukan Dunia Bayangan. Dunia itu penuh teka-teki, yang dapat diakses dengan memasuki TV. Dunia Bayangan terungkap lebih dari sekedar tempat berbahaya, dengan hubungan yang kuat dengan keinginan manusia. Menyadari bahwa ini mungkin yang menyebabkan kematian itu, kelompok tersebut berusaha menyelamatkan orang lain. Ia dengan enggan dilemparkan ke dunia setelah muncul di Saluran Tengah Malam. Orang itu berharap menemukan petunjuk tentang siapa yang menempatkan mereka di sana.

Kisah gim ini melampaui misteri pembunuhan yang menyeluruh. Penggunaan tema kebenaran dalam gim tersebut untuk memeriksa keinginan dan pikiran yang tersembunyi yang membuatnya benar-benar bersinar. Adegan-adegan di mana para karakter berdamai dengan kerinduan mereka yang terpendam memberikan Persona 4 Golden momen-momen luar biasa. Momen itu dikemas penuh dengan emosi dan kepuasan.

Elemen Game

Meskipun narasinya bertahan dengan sangat baik untuk sebagian besar, beberapa elemen terasa agak kuno. Pesan bahwa orang harus bertujuan untuk menyesuaikan dengan status quo terasa agak naif di tahun ini. Juga mengecewakan bahwa Yosuke gagal untuk keluar dari lelucon homofobia remaja. Tetapi Persona 4 Golden melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk membuat pemain memahami. Baik itu daya tarik maupun kekurangan kehidupan di Inaba, berkat betapa mudahnya mengidentifikasi dengan semua karakter. Dialog itu hadir dengan humor dan pergulatan emosional yang sangat banyak. Game ini adalah contoh buku teks tentang mengapa serial itu beresonansi dengan begitu banyak orang.

Audio menawarkan dukungan yang bagus untuk elemen naratif. Dengan port PC, RPGamers barat sekarang memiliki akses ke suara Jepang. Tetapi pengisi suara Inggris memiliki penampilan yang kuat di seluruh. Terkadang ada sedikit tindakan berlebihan, tetapi hal itu dilakukan sedemikian rupa sehingga memikat karakter tersebut daripada menjadi gangguan. Skor Shoji Meguro adalah salah satu yang terbaik. Soundtrack menampilkan lebih banyak suara pop daripada judul lain dalam seri ini. Musiknya bekerja dengan baik dengan skema warna dan tema permainan yang lebih hidup. Trek yang sangat menarik ada di mana-mana, terutama dalam pertempuran dan ruang bawah tanah. Lagu-lagunya juga tetap diingat lama setelah seseorang berhenti bermain.

Gameplay

Pemain menghabiskan sebagian besar waktu dalam kehidupan sehari-hari seorang siswa. Pemain diharuskan mengikuti kalender sekolah dan menghabiskan sebagian besar sore atau malam mereka sesuai keinginan. Pilihannya termasuk membangun hubungan dengan sekutu atau penduduk Inaba, atau meningkatkan statistik sosial dengan bekerja atau membaca. Kegiatan tersebut menyatukan seluruh paket, membuat kota terasa hidup dan dihuni oleh karakter-karakter hebat. Sementara pada saat yang sama menyampaikan keuntungan gameplay aktif ketika pemain pergi ke Dunia Bayangan. Pemain menjelajahi ruang bawah tanah di dalamnya.

Siklus permainan bisa saja dilakukan dengan sedikit penyimpangan. Karena mulai menyeret menjelang akhir tahun, tetapi setidaknya Tautan Sosial selalu tetap kuat. Tautan ini memberikan cerita penting mereka sendiri saat karakter yang terlibat mulai menerima nasib mereka. Karakter itu tumbuh atau membuat keputusan untuk memperbaiki hidup mereka. Mereka cocok bergandengan tangan dengan tema yang lebih besar dan memberikan momen menghangatkan hati mereka sendiri. Dengan mudah fitur ini membuat bagian permainan yang paling membuat ketagihan.

Persona 4 Golden sebagian besar dianggap sebagai salah satu judul yang harus dimainkan PlayStation Vita dan untuk alasan yang bagus. Nuansa kota kecil Inaba, pemeran yang fantastis, dialog yang sangat menarik, audio yang luar biasa, dan gameplay yang kuat. Semua berpadu untuk membuat game menjadi pengalaman menyeluruh yang luar biasa. Mungkin tidak ada keuntungan yang nyata dari memainkan versi ini. Khususnya dibandingkan versi Vita. Rilisnya di PC patut dirayakan karena memberikan satu set RPGamers baru kesempatan untuk memainkan permainan yang bergema.

Related Post

Subscribe to our newsletter